Ramadhan dan kemerdekaan RI

Sudah taukah kita kalau Ramadhan dan KEmerdekaan RI itu ada suatu hubungan yang saling kait mengkait??

jawabannya adalah iya benar. mereka mempunyai hubungan spesial dan mempunyai makna sejarah yang penting bagi negara Kita. informasi ini saya dapat ketika dengerin ceramah sholat tarawih kemarin di dekat rumah. dan saya beru ngerti loh. hehe :D
Dahulu ketika tahun 1945 dan menjelang masa-masa kemerdekaan negara indonesia tepatnya menjelang detik-detik proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945 itu merupakan hari ke 10 bulan Ramadhan. jadi apa artinya?saya juga tidak terlalu tau soalnya baru lahir 1985, jadi tidak tau, hehe lagi. kalo anak muda jawabnya begitu gimana ya..? :-/
kata kang rohman ngeblog gak usah terlalu serius. :)

tapi coba di cari maknanya. kalo dilihat dari harinya, yaitu hari ke 10 bulan ramadhan, berarti mereka udah melaksanakan puasa selama 9 hari sebelumnya... :-/ melaksanakan ibadah puasa ketika masa-masa perjuangan seperti itu gak pernah bisa tebayang dalam pikiran saya. sikon yang tidak menentu seperti itu, harus pula menahan segala amarah dan emosi dalam diri kita :-/
wah pasti perjuangan yang sangat nberat tuh :)


ada butir-butir dalam proklamasi yang menyebutkan "bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan" maksud dari di hapuskan ini sudah tentu adalah kemerdekaan yang bebas dari campur tangan negara lain :D
hehe gak nyambung yah... sori lupa gimana lanjutan ceramahnya.. ;)) apapun itu kita harus semangat n semangat ngejalanin puasa ini. tapi puasanya jangan asal-asalan puasa, kita juga harus ngejalanin puasa ini dengan sebaik-baiknya!!!

mumpung masih awal-awal ramadhan seperti ini, kalau kata para kiai adalah hari-hari dimana sedang dibukanya pintu rahmat ALLAH SWT adalah awal yang baik untuk kita bisa mendekatkan diri dengan diri-Nya. Kalau dulu tahun 1945 para sesepuh-sesepuh dalam 10 hari awal puasa mereka berhasil memerdekakan negara kita, lalu apa yang dapat kita perbuat selama 10 hari pertama ini, selain untuk lebih bersyukur dan lebih bisa mendekatkan diri dengan ALLAH SWT...??
jangan sampai kita lengah denga segala godaan yang ada!seperti lirik lagu Indonesia Raya yang bunyinya "bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia RAYA"...



2 comments

  1. enhal  

    September 1, 2008 at 10:03 AM

    horeee pertama

  2. enhal  

    September 1, 2008 at 10:07 AM

    Yuup mari kita perkuat iman dan taqwa kita sehingga kita mendapat rahmat dan hidayahNYA.