arti dari sabar

Bulan ramadhan seperti ini memang kita perlu ngejalaninnya dengan sungguh-sungguh biar puasa yang kita lakukan tidak menjadi sia-sia. ngejalanin puasa harus penuh dengan kesabaran. nah kata SABAR ini perlu kita telaah lebih jauh lagi..(kaya apaan tau) :D tapi sebenarnya sabar itu gak cuma ketika puasa aja, tapi harus lebih sebagai suatu pegangan dalam menghadapi berbagai keadaan..

SABAR
mungkin kata-kata itu yang sering kita temui dalam menjalani kehidupan ini.
lebih lagi jika kita tengah mengalami musibah, sesuatu yang nggak kita inginkan, atau jika kita sedang mengalami kegagalan. pasti banyak orang memberi nasehat untuk bisa lebih "sabar" lagi, semua itu udah ada jalannya masing-masing..

SABAR...
banyak orang yang ngerti tentang arti sabar ini, tapi terkadang sulit mengamalkannya ketika kita dihadapkan dengan situasi sulit, situasi dimana kita gak bisa mengoptimalkan logika kita. situasi dimana hanya emosi yang menguasai pikiran kita. ya mau gimana lagi kalo emang udah emosi menguasai, logika kita gak bisa berfungsi..apalagi tk bisa berfikir sabar..

SABAR..
bukan berarti menerima keadaan apa adanya tanpa usaha apapun. bukan berarti menyerah pada keadaan yang sudah ada. bukan juga sikap pesimistis yang bisa membawa kemunduran dalam diri kita. sabar berarti terus melakukan suatu usaha apapun dengan niatan tulus untuk dapat berubah ke kehidupan yang lebih baek lagi...

SABAR..
dengan sabar, hati kita pasti tenang dalam menghadapi permasalahan yang ada dan bisa menambah energi positiv dalam diri kita tk bertindak lebih baek lagi. kalo kita bisa sabar, niscaya kita pasti bisa menghasilkan pikiran positiv yang bisa membantu mengoptimalkan kinerja kita. selain itu sabar juga bisa membiasakan kita untuk lebih berfikir dewasa, mana yang seharusnya kita lakukan dan mana yang seharusnya kita tinggalkan, mana yang seharusnya dapat kita kerjakan dan mana yang tidak usah dikerjakan, mana yang harus kita selesaikan dan mana yang tidak perlu di selesaikan, mana yang penting dan mana yang tidak penting, mana yang salah dan mana yang benar, serta mana yang bisa menguntungkan dan mana yang tidak.

Dengan semangat dari pemiikiran positiv serta pemikiran dewasa dan kebiasaan kita menghadapi berbagai persoalan hidup ni, niscaya kita pasti berhasil dalam hidup ini..

sekian degh....
:)



6 comments

  1. abang  

    September 4, 2008 at 8:17 AM

    Bener Fir ... Allah sangat sayang sama orang yang selalu Sabar dan bersyukur ....

  2. tea  

    September 4, 2008 at 10:15 PM

    sabar...

  3. Panda  

    September 6, 2008 at 7:58 AM

    yoi, Ramadhan adalah omentum tepat untuk melatih kesabaran kita, tul ga broth ? :)

    link terpasang :)

  4. indonesiadua  

    September 6, 2008 at 8:14 PM

    tapi orang sering bilang, "sabar ada batasnya..." Hehehe.. sampe dimana ya batasnya?
    Peace!

  5. enhal  

    September 8, 2008 at 6:40 AM

    Hemmm benar tu mas..sabar adalah ilmu yang paling tinggi karena sabar disayang pacar eh disayang Tuhan..hehehehe..sabar jangan marah ya

  6. firman  

    September 12, 2008 at 9:54 AM

    @abang: iya bener, selain sabar kita juga harus bersyukur
    @tea:sabar juga tea
    @Panda:yup bener puasa itu latihan sabar dan ujiannya adalah kehidupan yang sebenarnya
    @indonesiadua:memang tergantung orangnya
    @enhal :terima kasih....