Sejarah berdirinya UNNES

hidup ini emang terus berputar tanpa kita sadari. terkadang memang semua kejadian bisa berjalan dengan apa yang kita harapkan, dan tidak sedikit pula kita juga sering mengalami kekecewaan terhadap kenyataan yang akhirnya kita hadapi. empat tahun yang lalu tidak pernah kebayang dalam pikiran untuk bisa merasakan gimana sih enaknya kuliah, apalagi bisa kuliah di luar kota yang jauh dari rumah. Tapi ternyata itulah jalan yang udah di berikan sama ALLAH SWT, dan akhirnya sayapun bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Semarang. namanya Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disebut UNNES. sejarah berdirinya UNNES

UNNES telah berdiri sejak tahun 1965 di kota Semarang, kota tua yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Dengan enam fakultas dan satu program pascasarjana, saat ini Unnes mendidik sekitar 21.000 mahasiswa yang tersebar dalam jenjang program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana

Sejarah perkembangan Universitas Negeri Semarang yang sebelumnya bernama IKIP Semarang telah dimulai dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan guru di atas SMTA. Lembaga-lembaga pendidikan guru tersebut adalah:

Kursus B-I dan kursus B-II Middelbaar Onderwijzer A Cursus (MO-A) dan Middelbaar Onderwijzer B Cursus (MO-B) merupakan lembaga pendidikan yang disiapkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda bertujuan untuk menyiapkan guru-guru SMTP dan SMTA. Kursus MO-A dan MO-B diselenggarakan di Semarang sampai dengan tahun 1950. Dengan Peraturan Pemerintah No.41/1950, Kursus MO-A dijadikan Kursus B-I dan Kursus MO-B dijadikan Kursus B-II yang diselengarakan sampai dengan tahun 1960.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Sekolah Tinggi Olahraga (STO)Tanggal 1 Januari 1961, dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 108487/S tanggal 27 Desember 1960, Kursus B-I dan Kursus B-II diintegrasikan ke dalam Universitas Diponegoro menjadi sebuah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani yang semula bagian dari Kursus B-II dipisah menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) yang berdiri sendiri di bawah Departemen Olahraga. Perubahan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Olahraga No.23 Tahun 1963 tanggal 19 April 1963. Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang IKIP Semarang Selama IKIP Semarang berdiri, telah terjadi perkembangan-perkembangan sebagai berikut:

Extention Course dan IKIP Semarang cabang Tegal. Didirikan di beberapa tempat, baik di dalam maupun di luar kota Semarang untuk memenuhi aspirasi guru-guru SD, SMTP dan SMTA yang ingin melanjutkan studi keguruan di IKIP Semarang.

Integrasi lembagaan Pembinaan Pembaharuan pendidikan dan Kebudayaan (LP3K) dan Sekolah Tinggo Olahraga (STO) LP3K didirikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk merelevansikan pendidikan formal di desa-desa dengan tuntutan kehidupan dan modernisasi daerah pedesaan.

Perkembangan Fakultas dan Jurusan di dalam lingkungan IKIP Semarang. Untuk memberikan gambaran tentang sejarah perkembangan Fakultas dan Jurusan yang dikelola oleh IKIP Semarang.

Universitas Negeri Semarang Dengan terbitnya Keputusan presiden Nomor 124 Tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi Universitas, maka IKIP Semarang kemudian bernama Universitas Negeri Semarang.

Media Mahasiswa cukup berkembang di Unnes. Di kalangan sivitas akademika Unnes, beredar Buletin Express yang terbit setiap hari Rabu, majalah Kompas Mahasiswa, tabloid Nuansa dan jurnal Telaah. Keempatnya diterbitkan Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Unnes. Selain media cetak, BP2M juga tampil on-line di (www.buletin-express.com)dsb

jumlah mahasiswa UNNES dari tahun ketahun juga semakin berkembang. untuk jumlah mahasiswa baru terakhir berjumlah sekitar 5200 mhs yang tersebar di semua jurusan dan jenjang yang ada di UNNES

sirus resmi unnes http://www.unnes.ac.id



1 comments

  1. Anonymous  

    January 28, 2011 at 6:59 AM

    Thank you, nice job! This was the stuff I had to have..