menulis karya tulis ilmiah


karya tulis ilmiah, hm..kedengarannya pasti rumit banget.. tapi mau gimana lagi, kalau kita lagi nempuh study kaya sekolah atau kuliah kita pasti ketemu sama tugas-tugas yang berbau ilmiah. duh ko malah ngomongin "bau" lagi..ya itu cuma ungkapan doank aja sih.

jenis karya tulis ilmiah itu ada banyak. ambil saja contohnya seperti makalah, atau skripsi yang umumnya dihadapi sebagai tugas akhir kuliah.

Bagi sebagian besar, tugas menulis karya ilmiah, baik dalam bentuk makalah maupun skripsi, tampaknya menjadi tugas yang berat. Pemilihan topik penelitian, judul makalah, sampai penentuan teori menjadi bagian yang dianggap susah dikerjakan. Tidak heran ketika makalah atau skripsi disusun, beragam perbaikan harus dikerjakan oleh penulisnya.

Memahami struktur sebuah karya ilmiah bisa menjadi cara yang akan menolong penulis dalam menyajikan karya tulisnya. Bila sudah mengenal masing-masing aspeknya, sedikit banyak akan melapangkan alur pemikiran penulis.

Secara umum, sebuah karya tulis ilmiah terbagi dalam tiga bagian besar. Bagian yang dimaksud ialah pendahuluan, isi, dan pembahasan. Meskipun ketiganya merupakan inti dari sebuah karya, tentu saja masih dibutuhkan penyemarak lain, yaitu prakata (bedakan dengan kata pengantar!), daftar isi, daftar tabel/skema, bibliografi, dan lampiran.

PENDAHULUAN
untuk bagian ini secara umum bagian ini berisikan tentang latar belakang, permasalahan, manfaat dan tujuan, metode dan analisis,serta ada landasan teori

ISI
untuk bagian ini berisiskan tentang pembahasan berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang di angkat dan kajian teori yang sudah ada

PENUTUP
untuk bagian penutup ini adalah bagian closing dari karya tulis yang kita buat, isinnya berupa kesimpulan dan saran yang kita dapat berdasarkan apa yang sudah kita bahas sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA
kalau yang ini adalah bagian yang berisikan tentang daftar sumber-sumber yang kita gunakan dalam menulis makalah tersebut.

mengenai kaidah penggunaan dan tata aturan dalam penulisan biasanya dari tahun ke tahun berubah dan tergantung lembaga atau perseorangan yang memberi tugas tersebut.

sekian dulu deh... :)



1 comments

  1. enhal  

    August 22, 2008 at 8:43 AM

    horeee pertama...pokonya pertama