menciptakan jiwa yang sehat

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang tak terkecuali orang yang sedang sakit, bahkan orang yang ada gangguan jiwa ada keinginan untuk hidup sehat. bener gak y :$,, ;) walaupun gak begitu tau tentang gangguan jiwa tapi udah bisa di pastiin orang yang kena gangguan jiwa ada keinginan untuk dapat sembuh sehat kembali yang banyak datang karena doa dari orang-orang terdekatnya, seperti orang tua dan sanak keluarganya. setiap orang pasti mengalami gangguan jiwa, namun intensitasnya sertiap orang berbeda-beda.
pengertian seseorang tidak sehat jiwanya atau gangguan jiwa itu sendiri ada banyak ahli yang mendeskripsikannya, kaya mungkin yang pernah saya baca dalam solusisehat.net, gangguan jiwa itu merupakan keadaan seseorang tidak mampu menyadari kemampuan dirinya, tidak mampu mengatasi tekanan kehidupan normal, dan tidak dapat hidup dengan produktif dan mampu untuk memberikan kontribusi pada masyarakat. gangguan jiwa merupakan suatu perubahan dalam pikiran, perilaku, dan suasana perasaan yang menimbulkan penderitaan pada individu dan/atau hambatan dalam melaksanakan fungsi psikososial (pendidikan, pergaulan, pekerjaan, dan pemanfaatan waktu senggang). setiap orang pasti mengalami gangguan jiwa, namun intensitasnya sertiap orang berbeda-beda.

ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami gangguan jiwa/ Dokter Heriani, Sp.K.J., seorang dokter ahli jiwa dari RSCM Jakarta, menjelaskan bahwa ada tiga faktor gangguan kejiwaan, yakni biologis, psychoeducational dan sosial budaya. “Ketiga hal ini secara umum menjadi basic timbulnya gangguan jiwa pada seseorang. Gangguan jiwa akan langsung muncul apabila terpicu oleh beberapa sebab, stressor, misalnya tertimpa musibah, mengidap penyakit maupun faktor sosial lain.

terdapat beberapa jenis gangguan jiwa yang patut diketahui.

Ada gangguan depresi, yaitu gangguan jiwa yang ditandai oleh perasaan sedih yang mendalam dan hilangnya minat terhadap hal-hal yang biasanya dinikmati. dan ada pula Gangguan anxietas sendiri yaitu gangguan jiwa yang ditandai dengan adanya kecemasan yang berlebihan dan muncul dalam berbagai gejala, seperti pikiran yang terus berulang tanpa bisa dikendalikan (obsesif), tindakan berulang yang tidak bisa dikendalikan untuk menjalankan pikiran obsesif (kompulsif), dan rasa takut yang berlebihan terhadap suatu obyek atau suatu hal.

ada beberapa tips menurut pengalaman saya saja sih untuk bisa ,menciptakan jiwa yang sehat dalam diri kita


  1. dekatkanlah diri kita dengan sang Pencipta (ALLAH SWT) karena dengan mendekatkan diri tersebut kita pasti merasa aman
  2. biasakanlah diri untuk hidup ikhlas, karena dengan keikhlasan tersebut tentu saja perasaan qt akan tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan yang sedang di hadapi ikhlas bermakna menjernihkan sesuatu dan membersihkannya, ikhlas berarti menuyingkirkan apa saja yang mengkeruhkannya. dalam hal ini berarti seperti masalah-masalah kejiwaan yang sedang qt hadapi
  3. berkumpulah dengan orang-orang yang memang bisa mendukung kita bukan berarati harus memilih-milih teman, tetapi lebih berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan kita dalam bergaul. bila hal tersebut terlalu sulit bagi kita untuk menyesuaikannya lebih baik berpaling dan tidak terlalu memaksakan kehendak kita untuk bisa menyesuaikan diri dengan tempat bergaul karena belum tentu tempat bergaul tersebut bisa menentramkan jiwa kita yang sedang gundah.
  4. buang segala beban yang ada dengan berbagai cara, seperti berteriak, bernyanyi, atau olahraga yang bisa menyehatkan tubuh karna kata pepatah dalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat..hehe pepatahnya di balik neh.
  5. curhatlah dengan orang-orang yang kamu bisa percaya atas apa yang sedang kamu alami. dengan bercerita tersebut segala beban yang ada insya ALLaH akan berkurang.
  6. ciptakan pikiran-pikiran positif dalam diri bahwa kita mampu untuk mengatasi semua permasalahan tersebut. dan yang terakhir.
  7. selalu berdoa kepada Tuhan YME (ALLAH SWT) karena kalo kita berdoa Allah akan kasih kesempatan, bukan langsung dapat. kita cuma dikasi kemungkinan dan kita berjuang untuk kemungkinan2 itu.
hemm...sekian yah...
:):):)
thx








4 comments

  1. Indah  

    August 3, 2008 at 8:24 AM

    bener....semua bergantung dr diri kita...gak usah neko2 jadi lebih banyak hidup ini mendekatkan sama ALLah, udah deh aman....

  2. tyas  

    August 4, 2008 at 5:35 PM

    jaman sekarang..
    emang banyak yg stress..
    apalagi di kota besar..
    info nya sangat bermanfaat..
    thanx yaa..

  3. edisamsuri  

    August 6, 2008 at 11:09 PM

    kebetulan lagi stress nih jadi bisa coba tips nya

  4. Anonymous  

    September 10, 2008 at 6:35 AM

    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/20.gif